Pesan Mendagri Saat Pimpin Puncak HUT Satpol PP ke-74

Mendagri Tito Karnavian saat memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi disela-sela peringatan HUT Satpol di Kota Padang (3/3)
Mendagri Tito Karnavian saat memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi disela-sela peringatan HUT Satpol di Kota Padang (3/3)

 

Kopasnews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian Pimpin Upacara gelar pasukan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke -74 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke 62 tingkat Nasional tahun 2024 di Sumatera Barat di halaman Kompleks Istana Gubernur Sumbar, Minggu (3/3/2024) pagi.

Mendagri mengatakan peran Satpol PP dan Satlinmas sudah menjalankan perannya sebagai tonggak utama penegakan Perda, melindungi dan mengayomi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga berjalan aman dan sukses.

Dia berterima kasih atas tugas Satpol PP dan Satlinmas atas perannya yang sudah bertugas pada Pemilu.

“Pemilu Indonesia paling besar dan paling komplit di dunia yang diselenggarakan hanya dalam satu hari. Kesuksesan Pemilu tersebut salah satunya karena efektifitas tugas Satpol PP dan Satlinmas,” ujar Mendagri.

Baca Juga : Syafrizal Dipanggil Presiden Jokowi Setelah 10 Tahun Penantian

Dia mengatakan Satpol PP non ASN di Indonesia memiliki kemampuan khusus yang berbeda dengan ASN lainnya, Mendagri menghimbau kepala daerah agar memberikan kesempatan kepada anggota Satpol PP non ASN untuk menjadi ASN atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Mendagri juga menyerahkan penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP 2024 kepada sejumlah kepala daerah. Penghargaan pertama diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

“Pesan saya, anggota Satpol PP harus menjaga integritas dan wibawa dalam menjalankan tugas dilapangan. Jadi, kepala daerah harus berikan kesempatan bagi Satpol non ASN untuk diangkat jadi PPPK” harapnya.

Baca Juga : 275 Siswa SMAN 3 Solsel Wisuda, Ini Jalur Masuk PT Bisa Ditempuh Siswa

HUT Satpol PP ini bertemakan “Peran Satpol PP dan Satlinmas Dalam Menciptakan Trantibum Linmas Untuk Mendukung Pemilu dan Pilkada 2024″.

Peringatan HUT Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, Kepala Satpol PP se-Indonesia dan lainnya. (rls)