Ini Daftar Sembilan Klub Indonesia Lolos Lisensi AFC untuk Musim 2023/2024

Pemain Bali United saat berduel dengan Persib Bandung. Dok Bali United
Pemain Bali United saat berduel dengan Persib Bandung. Dok Bali United

 

Kopasnews.com – Sebanyak sembilan klub sepak bola Indonesia telah berhasil lolos dalam proses lisensi klub yang diadakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk musim 2023/2024.

Informasi ini diumumkan pada Rabu, 15 Mei 2024, setelah rapat Komite Lisensi Klub PSSI yang dipimpin oleh Ketua Komite, Timmy Setiawan, dengan anggota komite Yakub Adi Krisanto, Asep Saputra, M. Hanafing Ibrahim, dan Juninho Widjaja.

Menurut laporan resmi dari PSSI, sebanyak 51 klub dari Liga 1 dan Liga 2 mengikuti proses lisensi ini, terdiri dari 18 klub Liga 1 dan 23 klub Liga 2. Dari jumlah tersebut, hanya sembilan klub yang berhasil memenuhi kriteria ketat yang ditetapkan oleh AFC.

Kesembilan klub yang berhasil mendapatkan lisensi AFC adalah Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri, dan Rans Nusantara FC. Klub-klub ini akan berpartisipasi dalam kompetisi AFC Challenge League yang dijadwalkan dimulai pada musim 2024/2025.

Baca Juga : Shin Tae-yong Panggil 22 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Untuk kompetisi AFC Champions League 2, hanya tujuh tim yang lolos lisensi, dengan tiga tim memenuhi syarat sepenuhnya: Bali United, Borneo FC, dan Persik Kediri. Tiga tim ini juga berhasil lolos ke Championship Series Liga 1 musim 2023/2024.

Sementara itu, empat tim lainnya, yaitu Madura United, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Persija Jakarta, dinyatakan lolos dengan beberapa syarat tertentu.

Klub-klub yang belum memenuhi semua persyaratan diberikan kesempatan untuk mengajukan banding hingga 23 Mei 2024. Departemen Lisensi Klub PSSI akan menyampaikan laporan akhir hasil ini kepada AFC pada 30 Mei 2024.

Hasil Lisensi AFC 2023/2024:

AFC Champions League 2:

Granted: Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Persik Kediri

Granted with Sanction: Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta

AFC Challenge League:

Granted: Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri, Rans Nusantara FC

Liga 1:

Granted: Bali United FC, Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persik Kediri, PSIS Semarang, Rans Nusantara FC

Liga 2:

Granted with Sanction: Deltras FC

Dengan keberhasilan sembilan klub ini, sepak bola Indonesia diharapkan semakin bersinar di kancah internasional, menunjukkan peningkatan kualitas dan profesionalisme yang diakui oleh AFC. (*/fah)