Ruas Jalan Tembus Solsel-Dharmasraya Rusak Parah Diperbaiki, Dikebut Jelang Ramadhan

IMG 20240305 WA0034

 

 

Kopanews.com – Sejumlah ruas infrastruktur jalan di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan sebagai jalan penghubung menuju Kabupaten Dharmasraya hingga ke Provinsi Jambi mengalami kerusakan selama musim hujan sejak awal tahun 2024 hingga sekarang. Bahkan sudah banyak dump truk, dan kendaraan jenis lainnya keran di badan jalan, juga ada yang terguling.

“Agar jalan ini bisa kembali dimanfaatkan masyarakat untuk akses Solok Selatan -Dharmasraya dan akses pengangkutan hasil bumi daerah berupa kelapa sawit, Pemkab berkolaborasi dengan perusahaan perkebunan untuk perbaikan jalan tersebut. Mengingat akan masuk bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri,” kata Camat Sangir Balai Janggo, Muslim, Selasa (5/3/2024) malam.

Perbaikan infrastruktur jalan penghubung menuju Dharmasraya dan Jambi ini sesuai kesepakatan yang tertuang pada berita acara tanggal 28 Februari 2024, bahwa ruas jalan Sungai Sungkai-Koto Sungai Kunyit sepanjang 4 Km akan dikerjakan secara bergotong royong perusahaan dengan peralatan masing-masing perusahaan perkebunan itu.

Untuk PT. Kencana Sawit Indonesia (KSI) menyediakan excavator, gareder, compek masing-masing 1 unit ditambah 3 unit Dump Truk.

PT. Tidar Kerinci Agung (TKA) menyediakan 1 unit gareder dan 4 unit Dump Truk, PT. Incasi Raya Grup menyediakan 3  unit lohan dan PT. P Nusantara IV menyediakan 2 unit dump truk.

Muslim menjelaskan, berdasarkan pantauan pihak Kecamatan, Selasa (5/3) yang ditemukan dilapangan yang bekerja memperbaiki badan jalan yang rusak parah hanya 1 unit excavator PT. KSI di kuari, 1 unit Gareder dan 1 unit dump truk 1 trip angkutan milik PT. KSI dan 1 unit excavator milik kontrak PT. TKA.

“Sementara 3 unit lohan PT. Incasi Raya Grup dan 2 unit Dump Truk PT. P Nusantara IV belum masuk,” tuturnya.

IMG 20240305 WA0033

Demi menghargai hasil kesepakatan dia meminta semua perusahaan untuk serius membantu masyarakat, mulai Rabu 6 Maret 2024 untuk dapat dimaksimalkan.

“Supaya jalur ini secepatnya bisa dilewati, disamping kita kasihan sama anak sekolah yang tidak bisa sekolah, sebagai dampak buruk infrastruktur jalan. Karena tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua, juga prihatin melihat Tanki CPO dan angkutan cangkang sampai berminggu-minggu antri di jalan tersebut,” paparnya

Baca Juga : Jaga Keselamatan ! Jalan Viral Solsel Tembus Dharmasraya Masih Putus

Dengan diperbaiki secara bersama-sama kolaborasi membangun di sepakati oleh Pemkab Solok Selatan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah itu, sehingga memasuki bulan ramadhan akses jalan tersebut bisa kembali di lewati kendaraan roda dua dan roda empat dengan mudah.

“Apalagi saat lebaran Idul Fitri nanti, akan banyak pemudik dari Provinsi Jambi dan dari Jakarta, Lampung dan Palembang melewati jalur ini menuju Solok Selatan. Karena aksesnya lebih pendek ketimbang melewati kabupaten Solok yang harus memutar arah atau melalui Kabupaten Bangko hingga menuju Kabupaten Kerinci Jambi” jelasnya. (adi)