275 Siswa SMAN 3 Solsel Wisuda, Ini Jalur Masuk PT Bisa Ditempuh Siswa

Kepsek SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra salami salah seorang siswanya yang diwisuda di Aula SMAN 3 Solsel didampingi Kacabdin Wilayah Solok Raya, Asisten I Pemkab Efi Yandri dan Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda
Kepsek SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra salami salah seorang siswanya yang diwisuda di Aula SMAN 3 Solsel didampingi Kacabdin Wilayah Solok Raya, Asisten I Pemkab Efi Yandri dan Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda

Kopasnews.com – Sebanyak 275 siswa kelas XII SMAN 3 Solok Selatan di wisuda dan terbanyak di Solok Selatan. Kalau mereka tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN), atau jalur tes lainnya masuk Perguruan Tinggi (PT). Siswa masih bisa kuliah lewat jalur kerjasama (affirmasi) Pemkab Solok Selatan (Solsel) yang sudah MOU dengan Perguruan Tinggi (PT) ternama di Sumbar, masuk PT tanpa tes.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra kepada seluruh tamu undangan disela-sela kegiatan wisuda para siswa siswinya, Selasa (27/2/2024).

“Nah, jika orang tua murid terkendala biaya masuk kuliah. Maka juga tersedia beasiswa dari Pemkab Solok Selatan. Jadi, tidak ada lagi anak-anak yang setelah tamat di SMAN 3 ini tidak kuliah,” ujar Akmalu.

Dia mengatakan, bagi masyarakat yang akan masuk SMAN 3 Solok Selatan sebagai siswa baru tahun ajaran 2024/2025. Jika tidak ada biaya dan tidak sanggup membeli seragam sekolah. Dia menyebut sekolah ada solusinya dan boleh ke sekolah dengan seragam bebas, asalkan pakaiannya sopan.

“Kalau orang tua tidak sanggup membelikan anaknya seragam sekolah, boleh berpakaian bebas. Kami pihak sekolah mengizinkan. Tak usah dibeli, sebab akan ada seragam gratis dari Pemkab Solsel akan di terima siswa baru tahun ajaran 2024/2025,” jelasnya.

Dia meminta anak didiknya terus ukir prestasi, baik 275 siswa yang akan menamatkan pendidikan di SMAN tahun ini maupun siswa kelas X dan XI, ini demi nama baik almamater, nama baik sekolah nantinya setelah tamat SMAN 3.

Akmalu berpesan, jangan sampai berhenti belajar. Pemberian beasiswa yang kurang mampu, ajukan ke Pemkab ada berupa uang dan barang berupa laptop bagi yang mahasiswa.

“Dari 1.300 siswa kita, 275 orang di wisuda hari ini. Kita harap mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang PT. Kalau tak mampu, kan Pemkab sudah sediakan beasiswanya. Kita pihak sekolah, siap untuk membantunya,” bebernya.

Putra terbaik dan alumni SMAN 3 Solsel yang kini terpilih menjadi Anggota DPR RI yakni Zigo Rolanda.

“Kita berharap dengan terpilihnya alumni SMAN 3 Solsel di DPR RI hasil Pemilu 2024,  sekolah ini akan kita bangun dengan megah dan terbaik di Sumbar. Ini sudah komitmen kami pihak sekolah dengan pak Zigo Rolanda,” bebernya.

Kepala Kacabdin Wilayah Solok Raya Israr mengatakan, semoga SMAN 3 Solsel terus bergerak lebih maju lagi.

“Hari ini wisuda tamatan SMA, besok harus di wisuda lagi tapi dengan gelar sarjana. Semoga anak-anak kami lulus semua dan melanjutkan ke perguruan tinggi demi cita-cita dan pendidikan lebih baik lagi,” pesannya.

SMAN 3 satu-satunya sekolah penggerak di Solsel dan dua di Kota Solok. Pendidikan karakter, iman dan takwa harus terwujud dengan baik di sekolah penggerak ini.

“Saya mendoakan semua di terima di PT terbaik, angkat nama baik pribadi, sekolah dan Kabupaten Solsel. Lanjutkan kuliah, jangan mau terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik di sekitar kita,” tuturnya lagi.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif dan berkarakter sudah tertuang di RPJMD Pemkab Solsel 2021-2026.

“15-20 tahun mendatang yang di wisuda hari ini, mereka akan menjadi calon pemimpin daerah di berbagai sektor. Mulai di tingkat sekolah, Nagari, Kecamatan, Kabupaten, maupun di Provinsi hingga ke pusat nantinya,” bebernya. (adi)