Bola  

Timnas U-17 Siap Tempur Lawan Ekuador, Bima Sakti Optimis Menang

Timnas U-17 Indonesia menyelesaikan Persiapan latihan terakhir jelang hadapi Ekuador di Piala Dunia u-17 di Indonesia. Foto PSSI
Timnas U-17 Indonesia menyelesaikan Persiapan latihan terakhir jelang hadapi Ekuador di Piala Dunia u-17 di Indonesia. Foto PSSI

Jakarta, kopasnews.com – Tim U-17 Indonesia siap tempur dengan Ekuador U-17 pada laga pembuka Piala Dunia U-17 gurp A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam.

Bahkan jelang menghadapi Ekuador, skuad Garuda muda pun telah diasah dan dipersiapkan sematang mungkin untuk meraih kemenangan perdana.

Pelatih Indonesia, Bima Sakti menyatakan optimistis timnya bisa menunjukkan performa terbaik di turnamen internasional tersebut. Apalagi, Indonesia berstatus tuan rumah dan akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat di tanah air.

Bima menyebut sudah menonton vidio gaya bermain Ekuado dan sudah dijelaskan ke anak asuhnya. Bahwa Ekuador tim yang bagus, kualitas individu yang baik.

Baca Juga : OKI dan Wirong Cetak Gol Kemenangan PGRI Sangir

“Ya, kita sudah tekankan ke anak-anak. Bagaimana mereka mengantisipasi set piece yang bagus dari pemain Ekuador, dan bermain rapi untuk meraih kemenangan,” papar Bima.

Apalagi stadion akan dipenuhi oleh suporter tanah air, maka jadi penyemangat dan kekuatan bagi timnas U-17 saat tampil pada laga pembuka Piala Dunia U-17 tersebut.

Dia mengakui pasti ada nervous pada anak asuhnya, ia mencontohkan para pemain bintang Eropa seperti Lionel Messi dan Ronaldo. Pasti ada ketegangan yang terjadi, sebab ini piala dunia. Bukan pertandingan persahabatan.

“Yang paling penting komunikasi pemain dan saling mensupport. Kekuatan kami nantinya adalah kebersamaan,” tulas Bima Sakti.

Terkait para pemain Bima mengatakan dalam kondisi baik semuanya dan siap untuk bertanding besok Jumat. Dia mengaku bersyukur juga di Surabaya faslitas sangat representatif sekali dari tempat latihan, hotel, kemudian latihan juga walaupun berpindah. Dari GBT ada tiga lapangan yang luar biasa. Kemudian kami di THOR juga bagus sekali.

Baca Juga :FIFA Kuncurkan Dana Pengembangan Sepakbola Indonesia

“Sekarang di Gelora 10 November, ternyata lapangannya juga lebih bagus waktu saya jaman main dulu. Sekarang luar biasa seperti waktu kami TC di Jerman,” tuturnya.

Striker tim U-17 Indonesia, Arkhan Kaka, mengatakan dirinya memiliki semangat besar untuk laga pertama. Para pemain Garuda Muda tidak boleh meremehkan kekuatan Ekuador dalam kondisi apapun.

“Alhamdulillah semua pemain siap kondisi semua lancar. Semua pemain punya optimis dan tujuan semangat yang sama. Semoga nanti ke depan kami bisa meraih yang terbaik dan maksimal,” ujar Arkhan Kaka.

Dia menyebut walaupun Ekuador tim yang bagus, punya semangat yang baik juga punya kerja keras. Tapi kami bisa melawan itu dengan kompak semangat yang sama dan kerja keras melebihi mereka.

“Semua tim di Grup A kuat, termasuk Ekuador, Panama, dan Maroko. Termasuk kami pun sama-sama kuat. Ya kami semangat dan kerja keras untuk pertandingan besok,” imbuhnya.

Baca Juga : Timnas U-17 Terus Matangkan TC Jelang Lakoni Ajang Piala Dunia

Tim U-17 Indonesia sendiri tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan Ekuador, Panama, dan Maroko.  Tiga tim lawan di Grup A itu memiliki reputasi yang cukup apik. Mereka sudah pernah merasakan bersaing di Piala Dunia U-17, berbeda dengan Indonesia yang baru akan melakoni debut.

Tiga tim itu memiliki pengalaman lolos ke fase grup. Panama dan Maroko tercatat pernah menembus babak 16 besar, sedangkan Ekuador malah sempat melangkah lebih jauh ke perempat final.

Indonesia harus bermain apik demi nama baik bangsa dan tanah air Indonesia dalam kancah sepakbola. (fah)