PSBS Biak Juara, Semen Padang Runner-up Menuju Liga 1 Indonesia

PSBS Biak juara Liga 2 Musim 2023/2024 setelah mengalahkan Semen Padang di Stadion H.Agus Salim Padang dengan skor 3-0. Dok istimewa
PSBS Biak juara Liga 2 Musim 2023/2024 setelah mengalahkan Semen Padang di Stadion H.Agus Salim Padang dengan skor 3-0. Dok istimewa

Kopasnews.com – Libas Semen Padang 3-0 tanpa balas pada leg 2 di Stadion H.Agus Salim, Padang, Sabtu (9/3). Hasil ini memastikan PSBS Biak resmi menjadi juara Liga 2 musim 2023/2024.

Ketiga gol tersebut dibukukan oleh Alberto Goncalves pada menit ke-12 dan ke-79. Gol penutup dicetak oleh Alexsandro Perreira pada menit ke-28 yang mengantarkannya sebagai top skorer dengan mengoleksi 19 gol, sekaligus jadi pemain terbaik Liga 2 musim ini.

Dua pertemuan kandang dan tandang, PSBS Biak vs Semen Padang. Kabau Sirah julukan Semen Padang tidak berdaya. Di bantai 3-0 di kandang PSBS, juga di hajar 0-3 di Kandang sendiri.

Menang agregat 6-0 ini membuat PSBS Biak sebagai klub yang berasal dari Jaya Pura tersebut resmi menyandang gelar juara Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1 musim depan setelah mempermalukan Persiraja Banda Aceh dengan skor 4-0 di semifinal.

Baca Juga : PSBS Biak Hajar Semen Padang 3-0 Pada Final Leg Pertama

Tim asal Papua ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Indonesia lolos ke liga 1 dan jadi Juara Liga 2. Sebelumnya ada Persipura Jayapura jadi kebanggaan masyarakat Papua. Namun setelah terdampar ke Liga 2, hingga kini belum mampu bersaing kembali merebut tiket Liga 1 bersama Sriwijaya FC, PSMS Medan, termasuk PSBS Pekanbaru. Hanya Semen Padang yang kini sudah mampu menuju Liga 1 setelah tergelincir karena degresasi pada musim lalu.

Hasil ini PSBS Biak melenggang ke Liga 1 sebagai Juara Liga 2, Semen Padang sebagai Runner-up dan Malut United meraih peringkat 3 dengan berhasil mengalahkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 3-2.

Meski kalah, Semen Padang tetap bangga karena berhasil promosi ke Liga 1 Nasional.

(fah)