Lionel Messi Pecahkan Sejarah Baru Tembus Semifinal Piala Dunia 2022

Lionel Messi bawa Argentina lolos ke babal perempat final usai taklukan Belanda. Istimewa
Lionel Messi bawa Argentina lolos ke babal perempat final usai taklukan Belanda. Istimewa

Jakarta, kopasnews.com – Argentina lebih beruntung dibandingkan Brasil lewat drama adu penalti. Lionel Messi dkk mampu mendepak Timnas Belanda di babak 16 besar dan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

Capaian ini sejarah baru bagi Argentina masuk ke babak perempat final Piala Dunia 2022 di Lusail, Doha, Qatar, menghadapi Belanda, Sabtu (10/12) dini hari WIB.

Berdasarkab tatistik Opta dilansir dari CNN Indonesia, tercatat satu gol Messi tersebut menyejajarkan namanya menjadi pengoleksi gol terbanyak untuk Argentina selama Piala Dunia. Messi menyamakan rekor yang telah dibuat Gabriel Batistuta dengan total 10 gol, melampaui 8 gol yang diukir Maradona.

Secara keseluruhan, Lionel Messi menghimpun keterlibatan sebanyak 17 gol Argentina di Piala Dunia (10 gol, 7 assist). Catatan ini melampaui rekor Diego Maradona di kompetisi yang sama.

Messi juga menjadi arsitek di balik layar gol pembuka Albiceleste menit ke-37 pada malam itu. Messi memberikan assist ciamik yan dikonversikan gol oleh Nahuel Molina. Total lima assist yang diukir La Pulga ini melampaui raihan legenda Brasil Pele sebanyak 4 assists di babak sistem gugur.

Tak cuma prestasi gol dan assist, La Pulga juga menuju rekor sebagai pemain timnas di Piala Dunia yang paling banyak dilanggar: 65 kali. Messi melampaui catatan pelanggaran yang diterima pemain Brasil era 1970-an, Jairzinho dengan total penerimaan sebanyak 64 pelanggaran.

Kendati demikian, angka tersebut masih di bawah Maradona yang menerima 152 pelanggaran selama Piala Dunia.

Baca Juga :Kroasia Kubur Mimpi Brasil Raih Tropi Piala Dunia Keenam

Argentina vs Belanda, kedua tim bermain 2-2 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Messi mencatak gol pada menit ke 75. Argentina sempat unggul 2-0. Gol balasan Belanda baru terukir pada menit ke-83. Wout Weghorst mencetak gol memanfaatkan umpan Steven Berghuis. Gol tambahan Belanda kemudian kembali dicetak Wout Weghorst masa injury time.

Argentina akhirnya lolos ke semifinal setelah memenangi adu penalti dengan skor 4-3. Argentin menati lawan sepadan di Semifinal nantinya. (alf/*)