Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Ukraina di Toulon Cup 2024

Timnas Indonesia U-20 mengalami kekalahan telak 0-3 dari Ukraina, Rabu (5/6) di Taoulon Cup 2024, Perancis.
Timnas Indonesia U-20 mengalami kekalahan telak 0-3 dari Ukraina, Rabu (5/6) di Taoulon Cup 2024, Perancis.

 

Kopasnews.com – Timnas U-20 Indonesia yang diasuh oleh Pelatih Indra Sjafri mengalami kekalahan telak dari Ukraina U-23 pada pertandingan pembuka Toulon Cup 2024 di Perancis.

Pertandingan yang berlangsung di Stade Jules-Ladoumegue pada Selasa (4/6/2024) pukul 23.00 WIB tersebut berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan Ukraina.

Sejak awal pertandingan, terlihat bahwa para pemain Timnas U-20 Indonesia belum menunjukkan kemistri yang baik. Passing dan operan mereka kerap kali dipatahkan oleh lawan. Sejumlah kesalahan di lini belakang membuat gawang yang dijaga oleh Ikram Algiffari berkali-kali terancam.

Ukraina berhasil membuka keunggulan pada menit ke-9 melalui gol Hennadiy Synchuk yang memanfaatkan umpan silang dari Alexander Drambayev. Kesalahan operan yang dilakukan oleh pemain Indonesia memudahkan lawan untuk mencetak gol.

Pada menit ke-31, Ukraina menggandakan keunggulan lewat tendangan mendatar Mykola Mykhailenko. Gol ini juga terjadi akibat kesalahan pemain belakang Indonesia yang kehilangan bola di area penalti, sehingga pemain Ukraina dapat mencurinya dan mencetak gol.

Baca Juga : Calvin Verdonk Resmi Menjadi WNI, Siap Tampil Hadapi Filipina Pada Kualifikasi Piala Dunia

Menghadapi tekanan yang terus menerus, Welber Jardim mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan jarak jauh. Namun, bola masih dapat diamankan oleh penjaga gawang Ukraina.

Memasuki babak kedua, Indonesia hanya melakukan satu pergantian pemain, sedangkan Ukraina mengganti tiga pemain sekaligus. Tekanan dari Ukraina semakin besar, membuat Indonesia kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Indra Sjafri kemudian memasukkan Jens Raven untuk menggantikan Arkan Kaka, namun penyerang naturalisasi yang sedang dalam proses menjadi WNI ini juga kesulitan mendapatkan bola. Para pemain Indonesia lainnya sulit mengalirkan bola kepadanya.

Jens Raven sempat mendapatkan dua peluang, namun tidak berhasil memanfaatkannya dengan baik. Ukraina kemudian mencetak gol ketiga melalui sundulan pemain mereka, memastikan kemenangan 3-0 hingga peluit akhir dibunyikan.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia vs Irak Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pelatih Indra Sjafri membawa 26 pemain untuk mengikuti turnamen bergengsi Tournoi Maurice Revello ini.

Keikutsertaan dalam Toulon Cup 2024 menjadi kesempatan berharga bagi Timnas U-20 Indonesia untuk mengasah kemampuan dan mental bertanding sebelum menghadapi Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Indra Sjafri menegaskan bahwa tujuan utama dari turnamen ini adalah mempersiapkan tim untuk lolos ke Piala Dunia 2025. (fah)