Indonesia Harus Menang di Laga Terakhir Grup F untuk Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain sayap Timnas Indonesia Ragnar Oratmangun saat memberikan keterangan Pers didampingi ShinTae-yong jelang laga Filipina. Dok PSSI
Pemain sayap Timnas Indonesia Ragnar Oratmangun saat memberikan keterangan Pers didampingi ShinTae-yong jelang laga Filipina. Dok PSSI

 

Kopasnews.com – Tim Nasional Indonesia menghadapi laga krusial di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa (11/6/2024). Pertandingan ini menjadi penentu langkah Indonesia menuju babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pasukan asuhan Shin Tae-yong harus meraih kemenangan melawan Filipina untuk menjaga asa lolos. Pemain sayap Ragnar Oratmangoen menekankan pentingnya memberikan penampilan maksimal dan berjuang habis-habisan demi mimpi tampil di Piala Dunia 2026.

“Kami mungkin tidak bisa meladeni semua permintaan fans untuk foto dan tanda tangan, tetapi kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyenangkan fans,” kata Oratmangoen.

Baca Juga : Calvin Verdonk Resmi Menjadi WNI, Siap Tampil Hadapi Filipina Pada Kualifikasi Piala Dunia

“Saat melawan Tanzania, kami menciptakan banyak peluang, dan saya berharap besok bisa mencetak gol dan menjadi pemain penting buat tim,” tambahnya.

Oratmangoen juga menilai bahwa Timnas Indonesia telah menunjukkan performa yang baik saat melawan Irak meski harus kalah 0-2.

“Kami sudah melakukan beberapa hal baik di laga terakhir, dan sekarang adalah pertandingan penting bagi kami. Kami akan berusaha mendapat tiga poin dan optimistis sebagai tim dapat menunjukkan yang terbaik,” tegasnya.

Pelatih Shin Tae-yong mengingatkan bahwa tidak ada ruang untuk mundur setelah kekalahan dari Irak. Poin Indonesia hanya terpaut tipis dari Vietnam di Grup F.

Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua dengan tujuh poin, di bawah Irak dengan 15 poin, dan Vietnam di posisi ketiga dengan enam poin. Filipina berada di posisi terbawah dengan satu poin.

“Tidak ada tempat lagi untuk kita mundur,” ujar Shin Tae-yong. Dia juga mengingatkan para pemain untuk tidak meremehkan Filipina.

“Filipina meski gagal lolos pasti akan berjuang keras melawan Indonesia. Kami juga akan bekerja semaksimal mungkin untuk memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia,” katanya.

Baca Juga : Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan Ukraina di Toulon Cup 2024

Shin Tae-yong memastikan bahwa komposisi pemain tidak akan berbeda jauh dengan saat melawan Irak. Ia juga meminta dukungan penuh dari suporter.

“Saya tidak khawatir jelang pertandingan besok, karena kita pasti bisa mendapat tiket ronde ketiga. Kondisi para pemain di lapangan, mereka bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Jadi mohon kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk Timnas kita,” tutupnya.

Dengan semangat juang dan dukungan penuh dari suporter, Timnas Indonesia optimistis bisa meraih kemenangan dan melanjutkan perjalanan menuju Piala Dunia 2026.

Daftar pemain Timnas Indonesia vs Filipina :
Ernando Ari, Calvin Verdonk, Jay Idzes, Justin Hubner, Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

(fah)