Runner Up Piala Dunia Siap Menjajal Kekuatan Timnas Indonesia

compressed 1643565941322

Timnas Indonesia diminta lebih berbenah lagi usai laga FIFA Macthday melawan Timur Leste dalam dua kali pertandingan leg 1 dengan skor 4-1 dan 3-0 dileg 2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1/2022) malam.

 

Sebab uji coba FIFA Mathday selanjutnya, panggawa garuda akan menghadapi tim negara tangguh dan bahkan calon lawannya merupakan runner-up Piala Dunia 2018.

 

Hal ini untuk memperbaiki Rangking FIFA Timnas Indonesia, pihak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun telah berkirim surat kepada tiga negara yang akan menjadi lawan kuat Timnas dalam debut FIFA Matchday selanjutnya yang direncanakan di gelar Maret 2022.

 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, ketiga lawan tangguh Timnas dalam uji coba selanjutnya yakni Uzbekistan, Tajikistan dan Kroasia.

 

Kondisi terkini Rangking FIFA Uzbekistan berada pada peringkat 84 dunia, Tajikistan peringkat 116 dunia dan Kroasia diperingkat 15 dunia.

 

“Lawan Timnas paling tangguh yakni, Kroasia merupakan runner up Piala Dunia tahun 2018. Kenapa dipilih negara terkuat dalam FIFA Matchday, kita ingin memperbaiki ranking FIFA Indonesia agar naik ke peringkat 150 dunia,” tuturnya.

 

“Menghadapi lawan kuat akan dapat mendongkrak performa pemain di lapangan, sudah kami atur programnya FIFA Macthday ini dan minimal kita bisa menduduki peringkat 150 FIFA,” harap Mochamad Iriawan saat Konferensi pers FIFA Matchday lawan Timur Leste.

 

Pada FIFA Matchday kontra Timor Leste, Ranking FIFA Timnas Indonesia sangat mungkin menggeser posisi Singapura yang saat ini berada di posisi 160.

 

Perkembangan Naturalisasi 4 Pemain Keturunan

PSSI juga membeberkan terkait proses naturalisasi pemain keturunan seperti Sandy Walsh dan Jordi Amat, apabila administrasi naturalisasi yang dikirim ke Kemenpora segera disetujui dan diproses.

 

Maka kedua pemain keturunan itu bisa ikut memperkuat Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday Maret 2022.

 

“Apabila berjalan lancar, maka kesempatan bagi kedua pemain keturunan ini berlaga di FIFA Matchday Maret 2022 terbuka lebar,” paparnya.

Sedangkan pemain keturunan lainnya, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen akan mengirimkan berkas lengkap naturalisasinya kepada PSSI pada Februari 2022.

 

“Oleh sebab itu, kita PSSI meminta agar Timnas berbenah lagi. Termasuk persiapan naturalisasi pemain keturunan yang bisa memperkuat Timnas untuk FIFA Macthday berikutnya,” tuturnya. (*)