DPR Setujui Proses Naturalisasi Jordi dan Sandy, Tapi Belum Bisa Bela Timnas Ini Sebabnya

DPR Setujui Proses Naturalisasi Jordi dan Sandy

20220922 1040241663818097385

DPR Setujui Proses Naturalisasi Jordi dan Sandy, Tapi Belum Bisa Bela Timnas Ini Sebabnya

Jakarta, kopasnews.com – Kabar terbaru untuk dua calon pemain Timnas Indonesia, DPR RI resmi menyetujui permohonan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy melalui sidang paripurna DPR ke 5 masa sidang I tahun 2022-2023, Selasa (20/9/2022) lalu.

Kemungkinan besar kedua pemain keturunan tersebut tidak bisa membela Timnas Indonesia pada FIFA Match Day menghadapi Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Karena proses naturalisasinya menunggu surat keputusan Presiden Jokowi Dodo, selanjutnya Jordi Amat dan Sandy Walsh akan mengucapkan sumpah Warga Negera Indonesia (WNI) di Kantor Kemenkumham.

Baca juga : 23 Pemain Timnas Dipanggil Hadapi Curacao, 6 Dari Luar Negeri

Kini proses Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal beberapa langkah lagi untuk menjadi kewarganegaraan Indonesia. Jordi Amat sendiri merupakan pemain naturalisasi berdarah Indonesia- Spanyol, saat ini dia bermain di Johor Darul Ta’zim Malaysia.

Sementara itu, Sandy Walsh keturunan Indonesia-Belanda bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen.

Sesuai dengan pembahasan Komisi III Komisi X memutuskan menyetujui pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh,” kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus selaku pimpinan rapat, kemarin.

Lodewijk mengatakan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh akan berlanjut ke tahap berikutnya. Selanjutnya Jordi dan Sandy harus menunggu Surat Keputusan Presiden sebelum mengambil sumpah Warga Negara Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham.

Dikutip dari situs resmi PSSI, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengaku bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia.

“Alhamdulillah proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal beberapa langkah lagi. Terima kasih untuk DPR RI, Komisi III, Komisi X, Kemenkumham, Kemenpora, yang sudah membantu proses hingga saat ini,” kata Iriawan.

“Jordi dan Sandy merupakan pemain yang sangat dibutuhkan oleh pelatih Shin Tae-yong. Kami yakin mereka akan menambah kekuatan timnas Indonesia,” tambahnya.

Jordi dan Sandy sudah pernah diajak berlatih bersama timnas Indonesia pada Mei lalu di Bandung saat persiapan FIFA Match Day melawan Bangladesh.

Agenda terdekat yang memungkinkan bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk memperkuat Indonesia adalah Piala AFF 2022 yang akan digelar pada Desember. (*)

 

error: Content is protected !!