4 Isi Paigam Perjanjian Koalisi Gerindra-PKB Hadapi Pilres 2024

20220815 2304041660579461777
Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar memperlihatkan piagam koalisi Gerindra-PKB. Dok. Gerindra

Bogor, kopasnews.com – Rapimnas Partai Gerindra dan koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggema dengan pernyataan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang mengaku sudah lama ingin berkoalisi dengan PKB, namun baru sekarang jelang Pemilihan Presiden (Pilres) 2024 dapat terwujud.

“Gus, kita dari dulu pengen sama antum. Dari dulu kami ingin sama antum. Tapi tidak ada kata terlambat. Walaupun dari dulu kita belum sekompak ini, tapi dari dulu kita selalu dekat di hati,” ungkap Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra di Gedung Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

PKB dinilai Prabowo partai yang terbuka dan kuat dalam menjaga persatuan, layaknya Nahdlatul Ulama (NU) yang menghargai keragaman suku, budaya, adat istiadat, hingga agama lain.

Prabowo berterima kasih kepada PKB, khususnya Gus Imin (Muhaimin Iskandar) dan para pimpinan PKB, disebutnya kalian yang pertama mengajak kerjasama dengan Gerindra. Ada yang mengatakan terlalu cepat dan kadang-kadang yang pertama itu penuh resiko.

Momen 17 Agustus, PKS Bagi-Bagi Bendera Gratis

“Berarti pimpinan kalian, Gus Imin dan jajaran pimpinan PKB, mereka adalah orang-orang yang berani. Mereka adalah orang-orang berani, berani mengambil keputusan,” terangnya.

Koalisi Gerindra-PKB menghadapi ajang Pilpres 2024 mendatang, ditandai dengan penandatanganan Piagam Kerjasama oleh dua Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat Rapimnas Gerindra di Sentul.

Isi dari piagam tersebut dibacakan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco dan Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid.

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024.

2. Kerja sama partai Gerindra dan PKB di dasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat adil makmur sejahtera dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama partai Gerindra PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada pemilu tahun 2024 dan membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan diusung oleh kerja sama partai politik partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama sama oleh Ketua Dewan Pembina atau Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja sama politik bersama dan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati. (*/fah)

error: Content is protected !!