LKAAM, Peran Bundo Kanduang Penting Dalam Pemahaman Adat dan Budaya Dikeluarga

20220725 1756031658746649480
Ketua LKAAM Solok Selatan Attila Majidi Dt Sibungsu

Padang Aro, kopasnews.com – Peran Bundo Kanduang sangatlah penting dalam memberikan contoh yang benar terhadap pemahaman adat dan budaya di tengah kehidupan masyarakat.

Juga sebagai ujung tombak dalam pelestarikan adat dan budaya yang turun temurun kepada generasi penerus Minang, terutama dilingkungan keluarga.

Mulai dari mengontrol, mengarahkannya cara berpakaian, berbicara, dan bersikap yang baik dalam lingkungan keluarganya terlebih dahulu.

“Ini yang kita harapkan adanya dari Bundo Kanduang. Harus dilalui proses dari keluarga terlebih dahulu untuk mengajari anak atau keluarga tentang pemahaman adat dan budaya,” ungkap Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Solok Selatan, Attila Majidi Datuak Sibungsu, Senin (25/7/2022) saat menghadiri Musyawarah Daerah (MUSDA) Bundo Kanduang Solsel, di Aula Sarantau Sasurambi.

Dia menyebut, pembekalan tersebut menjadikan Bundo Kanduang lebih berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan adat dan budaya yang kini sudah mulai melemah di tengah-tengah masyarakat adat di daerah.

Bagaimana mengembalikan adat istiadat yang sopan santun, termasuk bersikap dalam membudayakan stradisi minang secara turun temurun.

“Saya harap pengurus baru ini ini nantinya bisa membawa perubahan yang lebih besar,” pungkasnya.

Ketua Bundo Kanduang Provinsi Sumbar, Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib juga berharap kepada pengurus Bundo Kanduang Solok Selatan yang terpilih nantinya untuk bisa mengevaluasi kinerja lima tahun sebelumnya, baik program yang sudah terlaksana, maupun mempersiapkan program kerja yang akan dilaksanakan.

Program yang dibuat dianjurkan sesuai kemajuan teknologi dan perkembangan zaman saat ini.

Karena tantangan di masa datang semakin kuat, terutama pergeseran pandangan orang terhadap Minangkabau mulai menipis.

“Kita bukan menentang perubahan itu, tapi kita mengawalnya. Bagaimana masyarakat dan generasi muda tidak menyimpang akibat pengaruh dari budaya luar,” pesannya.

20220725 1757031658746649563

Sementara, Bupati Solok Selatan Khairunas berharap kepada Organisasi Bundo Kanduang agar tidak berfokus terhadap pemilihan ketua dan organisasi saja.

Akan tetapi diiringi dengan perencanaan program dan kegiatan dalam rangka mengatasi permasalahan generasi muda di Kabupaten Solok Selatan.

“Pemerintah Daerah akan mendukung penuh seluruh kegiatan dan program yang telah di wacanakan oleh organisasi Bundo Kanduang Solsel,” ujarnya.

Dia mengulas, Bundo Kanduang seperti ibu yang sejati dan sekaligus pemimpin. Untuk itu didalam adat dan budaya Minangkabau, ia harus memiliki sifat-sifat teladan dan memberikan contoh yang baik.

“Khususnya bagi kalangan generasi muda, baik cara berkata, perbuatan, pakaian dan sebagainya. Ini harus dicontoh tirukan ke generasi,” harapnya. (adi)

 

error: Content is protected !!