Fokus  

Momentum Idul Adha, Jadilah Tauladan Yang Penuh Pengorbanan Dalam Belerja

IMG 20220710 WA00111657553472475
Pelaksanaan ibadah hari raya Idul Adha 1443 h 2022 masehi di halaman kantor bupati Solsel Minggu (10/7)

Padang Aro, kopasnews.com – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat sekitar melaksanakan Sholat Idul Adha 1443 hijrian tahun 2022 di halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Minggu (10/07/2022) pagi.

Momentum pelaksanaan ibadah hari raya haji dan qurban, Pemkab mengajak dan mengingatkan kepada seluruh jamaah yang hadir, terutama para ASN agar dapat bekerja bersama- sama atau “super team”.

“Tujuannya agar ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat bekerja bersungguh-sungguh dan ikhlas untuk kemajuan Solok Selatan. Dan tidak dilalai-lalaikan,” ujar Bupati Solok Selatan, Khairunas jelang sholat Idul Adha.

Dia menyebut saatnya daerah mengejar segala ketertinggalan Solok Selatan, jika daerah lain telah berlari, maka Solsel harus melompat untuk menjadi lebih baik.

Masjid Jabal Nur Padang Aro Gelar Sholat Idul Adha, Namun Tidak Laksanakan Kurban

Untuk itu, jadikan hari raya kurban sebagai wadah pegawai dalam mengorbankan kompetensi yang dimiliki untuk kemajuan daerah.

“Berkorbanlah untuk kemajuan daerah melalui kompetensi masing-masing, keluarkan ide dan inovasi disetiap pekerjaan dan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” pesannya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan Khasmir, dalam khutbah hari raya Idul Adha itu, dia menyampaikan sholat Idul Adha merupakan manifestasi atas ketaqwaan kepada Allah SWT.

Hari Raya Idul Adha yang juga sering disebut dengan idul qurban, histori yang sarat dengan makna berqurban dengan mengharapkan ridho Allah SWT.

“Dengan berqurban mengajarkan kita bagaimana kesabaran, keikhlasan dan perjuangan nabi Ibrahim AS, nabi Ismail AS dan ibunya Siti Hajar dalam menjalankan perintah Allah SWT,” tuturnya.

Sebab ujian paling berat yang diberikan Allah SWT kepada nabi Ibrahim AS, berkat kesabaran, keikhlasan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT, beliau dijuluki kekasih Allah SWT.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha, dilakukan pemotongan hewan qurban jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan yang dihimpun dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beberapa perusahaan dengan jumlah sebanyak 37 ekor.

Dengan rincian pemotongan di Kantor Bupati sebanyak 25 ekor, yang akan disebarkan pada 7 Kecamatan di Solok Selatan sebanyak 12 ekor.

“12 ekor disebar di 7 Kecamatan, termasuk yang dipotong di Polres Solsel, di Kejari Solsel dan di Koramil 12 Sangir,” paparnya.

Sholat Idul Adha dimulai pukul 08.00 WIB, dihadiri Bupati Khairunas, Wabup Yulian Efi, Sekdakab, Forkopimda, Kepala OPD, ASN, dan masyarakat sekitar kantor Bupati. Imam, Syamsuri dan khatib oleh Kepala Kantor Kemenag Solok Selatan, Kasmir. (adi)

error: Content is protected !!