Riau Siapkan 170 Vaksinator Cegah PMK Pada Ternak

20220624 1420471656055268937
Tim kesehatan hewan Pemprov Riau tengah melihat kondisi hewan ternak masyarakat. Istimewa

Riau, kopasnews.com – Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan 170 vaksinator untuk vaksinasi hewan ternak masyarakat, dan ini dalam mencegah sekaligus memberikan pelayanan kesehata hewan dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita sudah ada petunjuk dari instruksi Permendagri terkait pergeseran anggaran untuk difokuskan pada penanganan dan antisipasi wabah PMK hewan ternak di Riau,” kata Gubernur Riau Syamsuar, Kamis (23/6/2022).

Lockdown Ternak Tidak Maksimal, 190 Daerah Terpapar PMK

Dia menyebut, seluruh Kabupaten/Kota di Riau harus siap, terutama dalam penyediaan obat-obatan untuk hewan yang sakit PMK tersebut.

Jelang adanya penyaluran bantuan dari Pemerintah Pusat, maka daerah meski harus siap terlebih dahulu. Sebab itu, pihaknya kata Syamsuar sudah mempersiapkan tim vaksinasi.

“Ada 170 vaksinator yang kita siapkan, yang akan bekerja melakukan vaksinasi kepada hewan di Provinsi Riau,” ujarnya.

Gubernur meminta seluruh Kabupaten/Kota di Riau yang mempunyai posko-posko pengawasan bisa memonitor perkembangan hewan yang ada di daerah masing-masing.

Hal ini dalam menyikapi kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha, maka perlu untuk memberikan jaminan terhadap hewan kurban tersebut.

“Kita maksimalkan agar penyembelihan hewan kurban pada tahun ini aman,” ucapnya.

Pemerintah Provinsi Riau siap menunggu penyaluran vaksinasi hewan ternak dari Pemerintah Provinsi, sebagai bentuk perlindungan bagi hewan ternak masyarakat dari ancamanan sakit,” jelasnya. (fah)

error: Content is protected !!