Jembatan ‘Padang Brucke’ Diresmikan di Kota Hildesheim Jerman, Wako Hendri Septa Terima Kasih

20220625 1542351656146830984
Wako Padang Hendri Septa saat berdialog dengan Wali Kota Hildesheim Jerman. dok.kmf

Jerman, kopasnews.com – Dua hal yang menarik yang perlu diketahui di Negara Timur Tengah dan Eropa. Jika di Uni Emirat Arab (UEA) terdapat jalan dan masjid yang diberi nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bukti persahabatan Indonesia dan UEA.

Sementara di Kota Hildesheim, Jerman, ada sebuah jembatan yang diberi nama Padang atau ‘Padang Brucke’. Bahkan Wali Kota Padang, Hendri Septa pun diundang saat peresmian Jembatan Padang itu, Kamis (23/6/2022).

Apkasi Usulkan Penundaan Penghapusan Honorer Oleh Pemerintah Pusat

“Ini sebagai bentuk penghargaan atas kerja sama sister city Kota Padang dan Kota Hildesheim yang telah terjalin sejak tahun 1988. Disana (Jerman,red) pemerintah setempat membangun sebuah jembatan konstruksi baja diberi nama “Padang Brucke”,” kata Hendri Septa.

Kedatangan Wako Padang bertepatan dengan peringatan 34 tahun Kerja Sama Sister City Padang-Hildesheim yang jatuh pada 20 Juni 2022 lalu.

Pembangunan jembatan itu merupakan hadiah dan bentuk keharmonisan dari kerja sama Pemerintah Kota Padang dan Kota Hildesheim, sudah ke-34 tahun.

“Pemko Padang berterima kasih atas penghargaan diberikan Pemerintah Kota Hildesheim, kedepannya kerjasama ini tetap terus terjalin,” ujarnya.

Wali Kota Hildesheim Dr. Ingo Meyer menyebut, Kota Padang mendapat Jembatan terpanjang dari Kota Mitra Hildesheim lainnya, karena kerjasama Sister City sudah berlangsung lama.

“Kota Padang adalah mitra terjauh dari sisi jarak geografis,” ujarnya.

Pembangunan jembatan ini hal yang  lumrah kita lakukan dengan mitra kerja sama Sister City yang berjumlah 8 kota dari 8 negara termasuk Indonesia. Kali ini untuk Kota Padang.

“Semoga Jembatan dapat menjadi simbol konektifitas dan wujud hubungan yang harmonis antara Pemko Padang dengan Kota Hildesheim,” paparnya.

Payakumbuh Sabet 3 Penghargaan Top BUMD 2022

Sementara, Kepala Bagian Kerja Sama Kota Padang Erwin mengatakan, kerja sama 34 tahun ini antara Padang dan Hildesheim beripa kerja sama sektor pendidikan dengan melakukan pertukaran pelajar, join riset, dan program beasiswa yang lebih banyak ditindaklanjuti oleh Universitas Bung Hatta.

“Serta kerja sama dengan HAWK University, bahkan Padang menerima tenaga ahli dari Jerman bidang lingkungan hidup untuk penanganan limbah kumuh yang sampai saat ini masih bertugas sejak 2020 lalu,” paparnya.

Kerja Sama lainnya, Waste Management of Batang Arau River, pembuatan Master Plan TPA Aie Dingin dan Pengembangan Teknologi Pengolahan Air Minum Perumda Air Minum Kota Padang.

“Hildesheim juga turut membantu Kota Padang ketika dilanda bencana gempa bumi dahsyat pada 2009 lalu,” imbuh Erwin.

Erwin menambahkan, selain menghadiri peresmian jembatan tersebut, sejumlah kegiatan juga akan dilakukan oleh Bapak Wali Kota Padang, diantaranya; pertemuan dengan Wali Kota Hildesheim untuk membicarakan materi kerja sama ke depan seperti warisan budaya (heritage), sektor tenaga kerja dan manajemen transportasi.

“Wako juga meninja lokasi pengolahan limbah dan sampah di Kota Hildesheim dan Kota Braunsweig, menuju Fire Department Hildesheim dan ke HAWK University Hildesheim,” tuturnya dilansir dari situs Pemko Padang. (*/kmf)

error: Content is protected !!