Puluhan Toke Ternak Disiapkan Sambut Idul Adha

Hewan kurban sudah tersedia di Toke Ternak di Kota Padang. Dok Istimewa

Padang, kopasnews.com – Pemerintah Kota Padang membuka Bursa Hewan Kurban untuk mencari hewan yang sehat dan sesuai syariat Islam untuk kebutuhan kurban hari Raya Idul Adha.

“Idul Adha semakin dekat, maka perlu dicari hewan kurban yang sehat dan sesuai syarat syariat Islam. Sebab dengan kondisi kasus Penyakit Mulut dan Kukus (PMK), kita sulit dapatkan hewan kurban. Maka Bursa ini kita buka,” jelas Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat, Senin (20/6/2022).

Ternak di Solsel Diserang Penyakit PMK, 40 Kasus Hasil Pemeriksaan Laboratorium Veteriner

Dia menyebut telah menunjuk dua orang dari dinas yang akan membantu menghubungkan panitia kurban dengan puluhan agen atau toke ternak.

Keduanya Yulia Reni dengan nomor ponsel 0853-5563-0668, serta M. Hanif dengan nomor ponsel 0812-7228-0106. Keduanya dapat dihubungi setiap waktu. Nantinya keduanya mencarikan jenis sapi yang diinginkan oleh panitia kurban.

Kadis Pertanian memastikan, ternak milik agen atau toke yang ditunjuk oleh Dinas Pertanian diyakini sehat. Serta sesuai dengan syariat agama dan sudah layak untuk disembelih.

“Ada sebanyak 53 agen atau toke ternak yang kami tunjuk, telah siap membantu panitia kurban yang kesulitan mendapatkan hewan kurban,” teragnya mantan Sekretaris Dinas Pertanian Solok Selatan itu.

Bupati Melakukan Kajian Sebagai Bentuk Dukungan Untuk Jalan Tembus Kambang-Muaralabuh

Bursa Hewan Kurban ini merupakan inovasi dari Dinas Pertanian, bentuk memberikan kemudahan bagi panitia kurban mencari hewan kurban yang layak dan sehat.

“Daging sehat dan halal ini meski menjadi perhatian kita untuk masyarakat,” bebernya. (cher)

 

 

 

error: Content is protected !!