Thailand Tumbang, Tetap Lolos Sebagai Runner-UP ke Piala Asia 2022

20220615 1006021655262468460
Thailand saat kalah 0-2 dari Usbekistan

Jakarta, kopasnews.com – Tim Nasional Thailand harus puas lolos ke Piala Asia 2023 dengan status runner-up usai gagal mengalahkan Uzbekistan di laga pamungkas Grup C yang berakhir pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Pada laga perebutan juara Grup C Kulifikasi Piala Asia 2023 itu, Thailand tumbang 0-2 dari Uzbekistan.

Dikutip dari Okezon.com, Bermain di Stadion Markaziy, Tashkent, Timnas Uzbekistan tampil menekan sejak awal laga. Tak heran tuan rumah langsung memimpin di menit kedelapan lewat gol Jaloliddin Masharipov dan Azizbek Turgunboev pada menit 23.

Dengan kekalahan itu, Thailand bertengger di peringkat kedua dengan koleksi enam poin, Uzbekitan berada di peringkat pertama dengan sembilan poin. Terlepas dari hasil pada laga tersebut, baik Uzbekistan dan Thailand menjadi perwakilan Grup C yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Libas Kuwait 3-0, Yordania Lolos Dengan Status Juara Grup A Kulifikasi Piala Asia 2023

Pada babak pertama, Timnas Uzbekistan langsung berinisiatif melancarkan serangan sejak awal. Namun demikian, serangan demi serangan terbukti efektif untuk membongkar pertahanan Timnas Thailand.

Alhasil, Timnas Uzbekistan berhasil menjaringkan gol lebih dulu lewat sontekan Jaloliddin Masharipov (8’). Usai gol tersebut, Timnas Uzbekistan terus menggedor pertahanan Timnas Thailand.

Sementara, Tim Gajah Perang -julukan Thailand- masih mencari momentum untuk menyerang balik. Namun, hingga memasuki menit ke-20, anak asuh Alexandre Polking masih belum bisa menemukan ritme permainannya.

Sebaliknya, Timnas Uzbekistan justru kembali menambah keunggulan via Azizbek Turgunbaev (23’). Selepas gol itu, Timnas Thailand sekarang bermain lebih hati-hati agar pertahanannya tidak mudah ditembus.

Situasi itu bertahan hingga babak pertama usai

Malaysia Dipastikan Menuju Piala Asia 2023 Usai Tundukan Nepal 4-1
Pada babak kedua, pertandingan berjalan lebih alot lantaran Tim Gajah Perang masih tidak mau berinisiatif untuk menyerang. Di sisi lain, Timnas Uzbekistan berhasil meneror pertahanan Thailand.

 

Memasuki menit ke-70, anak asuh Alexandre Polking akhirnya lebih berani melakukan serangan. Tercatat, mereka berhasil mencatatkan total 53 serangan pada babak kedua, berbanding terbalik dengan Timnas Uzbekistan yang hanya mencatatkan 40 serangan sejauh ini.

Namun demikian, pada akhirnya tidak ada gol tercipta hingga wasit meniup peluit panjang. Pertandingan selesai untuk kemenangan Timnas Uzbekistan atas Thailand 2-0.

Susunan Pemain Uzbekistan vs Thailand:

Uzbekistan (4-2-3-1): Utkir Yusupov, Dilshod Saitov, Rustam Ashurmatov, Umar Eshmuradov, Farrukh Sayfiev, Otabek Shukurov, Odildzhon Khamrobekov, Igor Sergeev, Azizbek Turgunboev, Jaloliddin Masharipov, Eldor Shomurodov.

Pelatih: Srecko Katanec

Thailand (4-4-2): Siwarak Tedsungnoen, Sarach Yooyen, Pansa Hemviboon, Theerathon Bunmathan, Sasalak Haiprakhon, Phitiwat Sukjitthammakul, Tanaboon Kesarat, Bordin Phala, Thitipan Puangchan, Tristan Do, Chayawat Srinawong.

Pelatih: Alexander Polking (*)

error: Content is protected !!