Tata Pedagang dan Siapkan Tempat Kuliner Untuk Pertumbuhan Ekonomi

FB IMG 16525467123211652578955424

Bupati Pasaman Barat meninjau lokasi pusat kuliner bagi PKL

PASBAR, kopasnews.com – Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), hendaknya dapat dikelola dan di tata dengan baik.

“Karena UMKM sangat menunjang peningkatan ekonomi masyarakat, maka perlu ditata dan dikelola sebaik mungkin,” ujar Bupati Pasaman Barat Hamsuardi, Jumat (13/5/2022).

Semua ini dilakukan agar semua pihak merasa nyaman dan terbantu, atasi kemacetan di jalan umum, taman atau lingkungan tidak rusak, serta sampah dapat dikelola dengan baik.

UMKM khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang baru saja dipindahkan oleh Pemkab Pasbar dari depan Kantor Pengadilan Negeri dan Depan kantor Kejaksaan ke jalan Jalur 32 tersebut

“Kita juha meninjau pembangunan pusat kuliner di belakang kantor Palang Merah Indonesia (PMI),” jelasnya.

Wakil Bupati Pasbar Risnawanto, mengatakan keberadaan UMKM khusus PKL memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan ekonomi, pihak juga harus memikirkan bagaimana keindahan, ketertiban dan kebersihan tetap terjaga.

“Kita tidak melarang masyarakat berjualan, tapi diatur bagaimana mereka bisa menjaga kebersihan, menjaga lingkungan tetap indah dengan tidak menginjak rumput dan membunuh bunga di taman,”paparnya.

“Penataan PKL dengan baik sehingga tidak menimbulkan kerugian disegi apapun, termasuk kerugian pada lingkungan, salah satunya yaitu sampah,” terangnya.

Pemkab telah melakuka pendekatan dengan baik dengan para pedagang, bagaimana gerobak berdagang mereka terlihat indah dan rapi.

“Kita mendukung UMKM di Bumi Mekar Tuah Basamo dibangun di tahun 2021 dan dilanjutkan pada tahun 2022.

“Insha Allah, akhir tahun ini sudah bisa di tempati pedagang,” tuyurnya. (dio)

error: Content is protected !!