Pemkab Solsel Kunjungi 24 Masjid dan Surau Selama Ramadhan

compressed 1649160669977

Bupati Solsel Khairunas didampingi Sekdakab Syamsurizaldi dan rombongan foto bersama sebelum buka puasa
Solok Selatan, Kopasnews.com — Pemkab Solok Selatan mengunjungi 21 masjid, dan surau selama 9 hari pelaksanaan kegiatan Safari Ramadhan di tahun 2022.

Hari pertama rombongan Bupati Solok Selatan mengunjungi Masjid Nurul Iman, Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari, dan berbuka puasa di pondok ikan RPC.

Sebelumnya tim safari ramadhan Kabupaten hanya mengunjungi masjid saja, akan tetapi di ramadhan 1443 hijriyah ini terselip satu mushalla atau surau yang masuk daftar kunjungan TSR Pemkab Solok Selatan. Yakni Mushalla Titipan Ilahi Balai Akad Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

“Tahun ini TSR kabupaten akan berkunjung ke 20 masjid dan 1 mushalla dengan besaran bantuan sekitar Rp420 juta dari APBD Solok Selatan selama ramadhan,” ungkap Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkab Solok Selatan, Zulhendra Wilson, Selasa (5/4/2022).

Sedangkan TSR Provinsi Sumbar juga akan berkunjung di 3 Masjid di Solsel dan akan menyerahkan bantuan senilai Rp150 juta untuk 3 masjid tersebut.

“Jadi ada 24 masjid dikunjungi TSR selama ramadhan tahun ini,” ucapnya.

Tiga tim kabupate yang akan melaksanakan safari yakni tim I rombongan Bupati Solok Selatan, tim 2 rombongan Wabup Solok Selatan dan tim 3 rombongan Ketua DPRD Solok Selatan.

“Tujuan TSR Kabupaten ini untuk menguatkan silaturahmi antara Pemerintah dengan rakyat, disamping menyerap aspirasi masyarakat dan penyerahan bantuan pembangunan masjid atau mushalla,” jelasnya.

Tahun lalu, TSR Kabupaten Solok Selatan hanya mengunjungi 19 masjid. Namun di tahun ini 24 masjid akan dikunjungi oleh tiga tim tersebut.

Disamping bantuan pembangunan bersumber dari APBD Solsel, Wilson menyebutkan juga akan ada bantuan tambahan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Solok Selatan. Hal ini sudah dilakukan setiap tahunnya.

“Rumah ibadah yang kita kunjungi ini berbeda dengan tahun sebelumnya, ini menandakan masjid-masjid yang ada di Solsel siap didatangi TSR secara bertahap tiap tahun ramadhan,” jelasnya.

Malam ini tim Bupati Khairunas akan mengunjungi Masjid Nurul Iman Jorong Simpang Tigo, Nagari Ranah Pantai Cermin, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Sedangkan Tim Wabup Yulian Efi akan mengunjungi Masjid Nurul Iman Sungai Duo, Nagari Kapau Alam Pauhduo, Kecamatan Pauh Duo. Dan rombongan tim Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mengunjungi masjid Nurul Huda Sapan Karang Putih, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir.

Dari 24 masjid dan mushalla, 3 masjid diantaranya dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar.

“Masing-masing masjid yang dikunjungi TSR Kabupaten Solsel akan menerima bantuan pembangunan senilai Rp20 juta dan Rp50 juta dari TSR Provinsi Sumbar,” jelasnya. (Adi)