Fokus  

SMAN 3 Solok Selatan Terbakar Taksiran Kerugian Sementara Diperkirakan Diatas Rp1 Miliar

compressed 1647955742994

SMAN 3 Solok Selatan Terbakar Selasa (22/3)

Solok Selatan, Kopasnews.com — Musibah kebakaran melanda SMAN 3 Solok Selatan, lima ruangan dinyatakan hangus terbakar dengan taksiran kerugian sementara diperkirakan diatas Rp1 miliar.

Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut diduga akibat konslet arus pendek listrik. Peristiwa itu terjadi, Selasa (22/3/2022) sekitar pukul 16.30 wib.

“Dugaan sementara kebakaran akibat konsleting arus listrik, kemudian api menyambar keinstalasi sehingga membakar bagian loteng terlebih dahulu. Juga ditemukan empat unit handphone terbakar,” jelas Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Solok Selatan, Arnonsyah.

Dia mengatakan, belum bisa menjelaskan taksiran kerugian, sebab peralatan sekolah yang terbakar banyak. Baik di ruangan kelas XI IPS1, Gudang Sekolah, Ruangan Kesenian, Ruangan OSIS dan Ruangan Guru.

Tentu saja perlu penghitungan dari pihak bagian aset sekolah, alat kesenian yang hangus berapa jumlahnya, peralatan di ruangan OSIS termasuk di gudang.

“Hingga kini kita belum mendapatkan informasi dari sekolah, apa saja fasilitas yang terbakar. Besok taksiran kerugian akan kita dapatkan dari sekolah, seban perlengkapan kebutuhan siswa yang terselamatkan juga sudah rusak,” terangnya.

compressed 1647955728463
Saat api menjalar di setiap sisi ruangan di SMAN 3 Solsel

Kepala SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra didampingi Wakil Kurikulum Yosi Purwari mengatakan, pihak sekolah terkejut dengan kejadian kebakaran tersebut.

Sebab Kepsek dan mejelis guru serta Tata Usaha baru pulang sekitar pukul 16.15 wib jelang kejadian kebakaran. Namun tiba-tiba pihaknya mendapat informasi dari siswa dan mejelis guru, bahwa SMAN 3 terbakar.

“Saya kaget. Awalnya tak percaya, kemudian ada guru yang menghubungi. Ternyata informasi kebakaran ini benar terjadi,” paparnya.

Akmalu mengatakan, saat dihubungi siswa dan guru mobilnya baru diparkir dibagase rumah. Saat panggilan masuk, dia sedang mengganti baju dinasnya.

Ternyata panggilan musibah kebakaran yang melanda sekolahnya. SMAN 3 merupakan satu-satunya SMA sederjat di Solsel yang lulus sekolah penggerak di tahun 2022.

“Saya langsung bergegas kembali kesekolah dan setiba disekolah lima ruangan sudah dijalari api,” tuturnya sempat panik.

Dia menyebutkan, belum melakukan inventarisir fasilitas siswa yang terbakar. Mulai dari ruangan kelas XI IPS1, Gudang, ruangan OSIS, peralatan di ruangan Kesenian dan ruangan guru.

“Besok kita hitung melalui bagian aset sekolah,” jelasnya.

Kemungkinan besar yang banyak kerugian di ruangan kesenian, ada orgen, drumband, seruling, dan jenis perlatan musik lainnya.

Yang mengetahui apa-apa saja didalamnya tentu guru kesenian, termasuk peralatan di ruangan OSIS. Yang tahu tentu pengurus OSIS.

“Mudahan besok kita sudah mengetahui apa-saja yang terbakar, sebab api dipastikan sudah padam jelang azan magrib ini. Taksiran sementara kita kerugian diatas Rp1 miliar,” terangnya. (Adi)

compressed 1647955766320
Kondisi SMAN 3 Solsel pasca kebakaran
compressed 1647955766320
Kondisi SMAN 3 Solsel pasca kebakaran

 

error: Content is protected !!