SMKN 1 Solsel Ingin Kembali Persembahkan Prestasi Nasional

compressed 1645107916520

Kepala SMKN 1 Solsel Efrisol saat menerima piala atas prestasi siswanya di sekolah
Solok Selatan, Kopasnews.com — SMKN 1 Solok Selatan ingin kembali mendulang sejarah prestasi di tingkat nasional, seperti yang pernah di raih siswanya Afnedi Putma Zaran peraih Juara I Kejuaraan Nasional cabang silat dan Nazwa Nurul Hafizah peraih juara 2 kejuaraan Nasional cabang silat di tahun 2019 lalu.

Kepala SMKN 1 Solok Selatan, Efrisol mengatakan, dari data prestasi sekolahnya, Afnedi Putma Zaran juga tercatat sebagai juara 2 pencat silat tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019 dan Juara 1 pencak silat Kejuaraan Nasional dan Internasional tingkat pelajar yang di gelar Wali Kota Bukittinggi tahun 2019 lalu.

Termasuk Nazwa Nurul Hafizah peraih Juara II cabang pencak silat tingkat Nasional dan Internasional antar pelajar yang diselenggarakan Wali Kota Bukittinggi tahun 2019.

“Mudahan siswa yang pernah berprestasi di SMKN 1 Solsel ini, akan menajadi pemacu semangat bagi siswa lainnya untuk terus berkarya dan berprestasi diberbagai perlombaan nantinya,” harap Kepala SMAN 1 Solsel, Efrisol, Rabu (16/2/2022).

Dia mengatakan, sejak tahun 2020 hingga tahun 2021 siswanya hanya mampu torehkan prestasi ditingkat Provinsi Sumbar.

Namun kedepannya ia bertekad lebih mendalami legi pembinaan terhadap anak-anak berbakat di sekolahnya, sebab selama dua tahun terakhir sekolahnya terbatas melakukan pembinaan karena dihadapkan dengan situasi wabah pandemi covid-19.

“Selama tahun 2022 ini kita sudah mulai melakukan pembinaan terhadap siswa berbakat diberbagai bidang, baik akademik kejuruan maupun ekstrakurikuler. Ingin kembali dulang sejarah dipentas nasional,” paparnya.

Prestasi siswanya di tahun 2020 atas nama Yova Vizatul Hasana terpilih sebagai Duta Gendre Bidang Fotogenik tingkat Kabupaten Solok Selatan tahun 2020.

Raihan Akbar, Ronal Saputra dan Putra Ramadana meraih juara 3 lomba pidato adat tingkat Kabupaten Solok Selatan tahun 2020, dan Nasywa Fajrilia Wahyudi Juara Harapan 2 lomba komik digital tingkat Provinsi Sumbar yang digelar UPTD Tamana Budaya Provinsi Sumbar tahun 2021.

“Prestasi siswa kami di dua tahun terakhir, baru setingkat Kabupaten dan Provinsi,” paparnya.

Efrisol menambahkan bahwa Prestasi tingkat Kabupaten Solsel lainnya diraih siswa siswinya, yakni juara 2 Tim Vollly Ball kejuaraan KONI CUP tahun 2021, juara 1 Putra Bola Volly di SMAN 2 Solok Selatan dan juara 1 Putri Bola Volly di SMAN 2 Solok Selatan.

Kemudian juara 1 Putra Bola Volly di SMAN 6  Solsel dan juara 2 Putri Bola Volly di SMAN 6 Solok Selatan.

“Sementara di kejuruan siswa kami belum mampu meraih prestasi, namun kedepan kita berniat lebih memperhatikan pembinaan siswa berbakat di sekolah,” paparnya.

 

SMKN 1 Solok Selatan yang dipimpin Efrisol itu memiliki 973 murid, terdiri dari jurusan Teknik Komputer Jaringan 95 orang, Multimedia 84 orang dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran 184 orang.

Selanjutnya jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga 177 orang, Bisnis Daring dan Pemasaran 152 orang, Perhotelan 171 orang dan Tata boga 110 orang

“Kami akan berusaha meningkatkan pembinaan, kalau ekstra kurikuler tersebut memang ada pembinaan dua hingga tiga kali seminggu. Kami ingin menyaring yang betul-betul berbakat,” tuturnya. (Adi)

compressed 1645108002493
Patut dibanggakan torehan prestasi di bidang olahraga yang diraih siswa siswi SMKN 1 Solsel
error: Content is protected !!