Jalan Tembus Solsel-Dharmasraya Dapat Dukungan Tiga Kepala Daerah di Sumbar dan Jambi

compressed 1643376652922

Bupati dan Wabup Solsel saat meninjau jalan tembus Solsel-Dharmasraya di Kecamatan Sangir Balai Janggo

Solok Selatan, Kopasnews.com — Terkait pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan tembus Solok Selatan-Dharmasrsya ruas Sungai Sungkai – Sungai Rumbai di tahun 2022, tinggal menunggu keputusan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PTPN di Jambi.

Dengan adanya jalan tembus via Sungai Sungkai-Sungai Rumbai ini, akan memperpedek jarak angara dua kabupaten yang sama-sama mekar itu. Bahkan akan dekat hubungan Solsel dengan Provinsi Jambi melalui Kabupaten Muaro Bungo.

“Jalan tembus ini akan menjadi jalur ekonomi dan pariwisata daerah disamping memperpendek jarak Solsel ke Dharmasraya. Juga akan terhubung langsung ke Tol Sumatera,” kata Bupati Solok Selatan, Khairunas dan Wabup Yulian Efi, Jumat (28/1/2022).

 

Dijelaskannya, dari hasil pertemuan tim Pemkab Solok Selatan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Solsel Syamsurizaldi, Selasa kemarin, telah ada kesepahaman dengan perusahaan sawit Inkasi Raya Group di Padang terkait pembebasan lahan perkebunan dikiri kanan jalan.

Dari hasil kesepakatan, maka akan dilakukan pertemuan dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PTPN di Jambi.

“Sebab anggaran pembangunan Rp11,5 miliar tersebut di tahun 2022 sudah standbay, merupakan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dana transfer Pemprov Sumbar ke Solsel,” jelas Bupati.

“Bahkan perjuangan kita Pemkab Solok Selatan juga mendapatkan dukungan dari Bupati Dharmasraya Tuanku Kerajaan Sutan Riska dan Adirozal Bupati Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. 

“2 Februari 2022 kita Pemkab dan dua Kepala daerah bersama OPD akan berangkat ke Jambi untuk melakukan pertemuan dengan pihak PTPN di Jambi bersama tiga kepala daerah demi terwujudnya pelaksanaan pembangunan jalan tembus Solsel-Dharmasraya yang juga akan memperpendek arah masyarakat Kabupaten Kerinci untuk ke Jambi.

“Minggu ini kita bersama Bupati Dharmasraya dan Bupati Kerinci dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Sangir Balai Janggo berangkat ke Jambi,” terangnya.

Dengan dibangunnya jalan tembus tersebut, dampak utama yang akan dirasakan masyarakat dapat merubah Kecamatan Sangir Balai Janggo dari daerah pelosok menjadi daerah terdepan.

“Dengan sendirinya perekonomian masyarakat akan lancar, sektor pariwisata daerah akan bangkit dengan sendirinya,” tutur Bupati.

Sebab wisatawan yang akan berkunjung ke Solsel, maka akan dekat perjalanannya dari Bandara Muaro Bungo ketimbang dari Badara Internasional Minangkabau menuju Solsel.

“Jaraknya lebih dekat dan jalannya lebar nantinya,” ungkap Bupati. (Adi)

error: Content is protected !!