Fokus  

Anjungan Desa Mandiri Permudah Layanan Nagari PML

compressed 1642360629736

 

Hadirkan Anjungan Desa Mandiri (ADM) dalam mempermudah layanan kepada masyarakat di Nagari Pasar Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan.
Hal ini bentuk inovasi baru dalam mempermudah berbagai layanan dilakukan secara digitalisasi oleh, yang diberikan kepada masyarakat merupakan suatu kebutuhan saat ini.
“Kita sangat mengapresiasi Nagari Pasar Muara Labuh sudah mampu berinovasi lewat digitalisasi berupa layanan ADM, kita juga berharap inovasi lainnya dari Nagari lainnya,” harap Camat Sungai Pagu, Darmansyah, Jumat (14/1/2022).
Dijelaskannya, Anjungan Desa Mandiri, mesin ADM digunakan untuk mempermudah layanan pembuatan surat menyurat dan permohonan administrasi bagi warga Nagari Pasar Muara Labuh.
Juga untuk mengakses mesin anjungan, masyarakat tinggal memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang tertera pada KTP.
“Secara otomatis akan muncul data pemohon, dan sesuai jenis permohonan surat menyurat yang dibutuhkan atau diajukan masyarakat,” terangnya.
Jadi, menurut Darmansyah masyarakat tidak perlu repot-repot lagi. Sebab layanan sudah dipermudah sesuai perkembangan zaman dan masyarakat harus menyesusaikan diri secara digitalisasi.
“Ingin kita bagaimana proses administrasi lebih simpel dan mudah,” tuturnya.
Penjabat Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Zainal R, menyebutkan, pihaknya telah melakukan perubahan sistem pengadministrasian masyarakat secara mudah dan digitalisasi.
Artinya pemerintah nagari telah memberikan inovasi terbaru bagi masyarakat dalam pelayanan melalui mesin Anjungan Desa Mandiri.
“Selain itu, kita melalui anggaran keuangan nagari juga membuat website nagariĀ www.pasarmuaralabuh.id/siteman, yang menyediakan informasi terkait layanan, data dan informasi pemerintahan yang biasa diakses masyarakat,” paparnya.
Tidak hanya masyarakat Nagari saja, akan tetapi perantau juga bisa melihat sistem dan perkembangan nagari setiap tahunnya.
Maka perlu akses website yang akan diaktifkam nagari berisikan program, visi misi Wali Nagari merujuk kepada visi misi Bupati dan Wakil bupati Solsel.
“Bagaimana perantau juga bisa melihat perkembangan nagari, nanti ketika ada kekurangan. Nagari dengan mudah bisa mendapatkan masukan semua pihak, termasuk perantau,” ujarnya.
Terkait pencegahah penyebaran covid 19, Anjungan Desa Mandiri (ADM) dan portal/website Nagari Pasar Muaralabuh merupakan salah satu inovasi cerdas.
“Selain mempermudah pelayanan kepada masyarakat, dengan pelayanan secara online juga dapat mencegah terjadinya kerumunan massa. Ini tujuan kami hadirkan layanan digitalisasi dan inovasi ini sangat diharapkan Pemkab Solsel,” jelasnya. (Adi)

error: Content is protected !!