Tahun Depan, Kecamatan Sudah Punya 3 Unit Ekcavator dan Mobil Trado

compressed 1640320126728

Foto Istimewa

Padang Aro, Kopasnews.com — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, telah menganggarkan pengadaan tiga unit ekscavator untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah di tahun 2022.

Dengan adanya pengadaan alat berat tersebut, maka rencana pelaksanaan proyek pembukaan jalan baru tidak lagi menghabiskan anggaran yang banyak dari APBD Solok Selatan. Akan tetapi daerah cukup penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar dan gaji operator ekscavator.

“Kita DPRD sudah mengesahkan anggaran untuk 3 unit ekcavator dan 1 unit trado di anggaran APBD Solsel tahun 2022. Pengadaan alat berat ini merupakan realisasi program Pemerintah Daerah untuk penghematan anggaran pembangunan di setiap kecamatan di Solsel,” kata Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, Jumat (24/12/2021).

Dijelaskannya, 3 unit alat berat tersebut akan digilir di tujuh Kecamatan yang ada di Solsel. Hal ini dalam kendukung sektor pengembangan bangunan infrastruktur dan irigasi di daerah berjulukan Sarantau Sasurambi itu.

Jadi, tidak perlu lagi sewa ekcavator ketika ada pembukaan jalan antar jorong, antar nagari dan jalan Kabupaten. Sebab sudah tersedia di daerah di tahun depan, dan bukan untuk kepentingan pribadi.

“Target pemerintah daerahn 7 unit ekcavator, sehingga setiap kecamatan memiliki alat berat dalam membantu pembangunan di setiap jorong dan nagari. Namun tahap pertama baru 3 unit yang sudah dianggarkan,” paparnya.

Sisanya, sebut Zigo, akan dianggarkan Pemda di tahun 2023. Nah, jika alat berat tersebut digilir pemakaiannya di setiap nagari yang ada di Solsel. Dia berharap pengawasan tidak hanya dari Pemerintah dan DPRD Solsel saja, tetapi pengawasan masyarakat sangat penting.

Tujuannya, agar alat berat jangan sampai disalah gunakan. Pihak Kecamatan dan Nagari harus memiliki rasa tanggung jawab atau beban moral.

“Masyarakat diharapkan berpartisipasi mengawasi, sehingga keberadaan ekcavator di setiap Kecamatan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi,” terang Ketua DPRD itu.

Alat berat ini sangat membantu Nagari daerah sulit, bila nagari yang memamfaatkan untuk pembukaan jalan baru atau saluran irigasi baru. Hanya menganggarkan BBM saja, untuk gaji operatornya dari Pemkab Solok Selatan.

“Yang sangat penting lahannya sudah bebas dan ketika sudah ada kegiatan tidak ada kenadala atau proyek terhenti,” bebernya.

Plt.Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pertanahan (PUTRP) Solok Selatan, Yolly Hirlandes Putra mengatakan, pengadaan 3 unit ekcavator tersebut dan satu unit trado akan dilaksanakan proses lelangnya di tahun 2022.

Dia berharap kegiatan lelang tersebut tidak ada kendala.

“Untuk anggaran 3 unit ekcavator merk cat sebesar Rp4,5 miliar dan 1 unit trado Rp1,2 miliar,” ujarnya. (Adi)

error: Content is protected !!