Bupati Solsel Khairunas dan Wabup Yulia Efi saat berpidato perdana di DPRD Solsel

Bupati Solsel Minta DPRD Bisa Bergandengan Dengan Eksekutif Bangun Solsel Tanpa Pertikaian Lagi
Golden Arm, Kopasnews.com ‐- Bupati Solok Selatan, Khairunas dalam pidato perdananya didampingi Wabup Yulian Efi mengatakan, komitmen membangun daerah sesuai visi misi, dimintanya jangan ada lagi perbedaan dan pertikaan antara eksekutif dan legislatif.

“Sudah dua kali tertunda jadwal pelantikan, dan alhamdulilah di bulan ramadhan ini Kami berdua dilantik, makanya kami saat berpidato perdana ini kami berdua berdiri di gedung DPRD Solsel ini,” ungkap Bupati Solok Selatan, H.Khairunas, Jumat (30/4/2021) di Golden Arm.

Dia mengatakan, bahwa kompetisi sudah berakhir dan Pilkasa sudah usai. Yang hadir di Gedung DPRD Solsel ini semua pemenang Pilkada termasuk masyarakat Solsel.

26 April 2021 lalu lanjutnya, hari bersejarah baginya dengan telah dilantik menjadi Bupati dan Wabup Solsel periode 2021-2021.

Sesuai ketentuan pasal 154 Undang-undang nomor 23 tahun 2014, menyatakan DPRD Kabupaten Kota mengusulkan  pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Bupati dan Wali kota ke Gubernur untuk ditindaklanjuti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Bupati meminta DPRD Solsel untuk saling membahu dan melanjutkan pembangunan kedepan. Bupati menyebutkan dulu 12 tahun pimpin DPRD Solsel, dulu jadi pengawas dan sekarang eksekutif.

“Tidak ada lagi orang Bupati dan orang Wakil Bupati. Termasuk tim A, B dan C saat Pilkada lalu. Tetapi kita mari saling bergandeng tangan, termasuk anggota DPRD Solsel memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat,” ujarnya.

Pejabat eselon yang hadir hari ini diambil absennya, sebagai evaluasi bagi Bupati dan Wabup. Diminta serius dalam mewujudkan moto visi misi kepala daerah Maju Bersama Sejahtera Semua. 

Mulai peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter produktif dan kompetitif. Termasuk ekonomi yang berdaya saing, tata kelola pemerintahan yang baik dan melayani.

Membangun infrastruktur dan kelestarian lingkungan hidup, kelestarian budaya olahraga dan sosial masyarakat

“Mungkin visi misi ini belum bisa direalisasikan di tahun anggaran 2021, sebab APBD 2021 sudah dibahas dan ketuk palu,” ucapnya.
Sementara Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda menjelaskan, 21 dari 25 orang Anggota DPRD Solok Selatan yang hadir dalam rapat paripurna mendengarkan pidato perdana Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan di Gedung DPRD Solsel di Golden Arm.

“Kita sangat menyayangkan hal ini, karena masih ada anggota DPRD yang melalaikan tugas dan tanggung jawabnya. Kecuali bagi yang dalam kondisi sakit,” ungkap Zigo Rolanda. (Adi)

error: Content is protected !!