Padang Aro, Kopasnews.com — Kabupaten Solok Selatan segera memiliki sentra industri kopi yang akan dibangun di Golden Arm dengan anggaran senilai Rp8,7 miliar di tahun 2021. 

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Solok Selatan, Budiman menjelaskan, pembangunan Sentra kopi tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp8,7 miliar berlokasi di Golden Arm, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir. 

Saat ini katanya, sedangkan dalam proses Rencana Umum Pengadaan (RUP), dan kemungkinan pelaksanaan pembangunan akan dikebut pertengahan tahun 2021. 

“Ini artinya Solsel akan segera memiliki sentra industri kopi, dan nantinya bisa menampung kopi daerah bernilai tinggi,” ungkap Budiman, Rabu (10/3/2021).

Fasilitas industri ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan pelaku industri kopi, menyongsong peningkatan perekonomian petani kopi daerah. 

“Jika kualitas, kuantitas ditingkatkan, maka Kopi Solsel akan dapat berdaya saing lebih dipasaran,” tuturnya. 

Keuntungannya produk UMKM yang ada di Solsel akan terampung. Harapan ini sebenarnya sudah lama dimimpikan Kabupaten Solok Selatan sebut Budiman, namun tahun 2021 ini baru akan terwujud. 

Mulai dari bangunan, peralatan dan tempat jemuran serta areal akan di bangun. Dengan begitu akan dapat mengangkat marwah kopi Solsel dan spesifik daerah. 
“Setelah bangunan terwujud, maka kita akan membentuk pengelola yang paham dan memiliki jaringan kopi berskala nasional dan internasional,” paparnya. Adi

error: Content is protected !!